Like Us On Facebook

header ads

Hadir.. !!! Olimpiade Kimia Guru di Spirit CFC Season IV

Mutu sumber daya manusia suatu bangsa tergantung pada mutu pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas SDM, Indonesia sangat membutuhkan kemampuan kompetitif, kreatif, dan inovatif baik di kalangan pelajar atau pendidik. Seluruh upaya peningkatan kualitas SDM tersebut dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang mendukung pengembangan daya nalar, aktivitas, dan kreatifitas generasi muda serta para pendidik. Oleh karena itu, kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan menyediakan wadah kegiatan dalam bentuk Olimpiade Guru SMA Sederajat Se-Sumatera Utara yang akan terselenggara untuk yang pertama kalinya yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kualitas para pendidik dalam memberikan pengajaran. 


A. Persyaratan Peserta 
1. Persyaratan Administrasi 
a. Guru SMA/SMK yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) atau bukan PNS yang memiliki Surat Keputusan sebagai guru tetap yayasan (GTY). 
b. Mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). 
c. Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya. 
d. Mempunyai masa kerja sebagai guru secara terus-menerus, sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dibuktikan dangan SK CPNS atau SK Pengangkatan bagi guru bukan PNS. 
e. Belum pernah meraih medali emas, perak atau perunggu pada OSNG.
f. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) Pendidikan/Nonkependidikan, sesuai dengan bidang lomba atau bidang tugas yang diampu. 

2. Persyaratan Akademik 
a. Guru yang unggul dilihat dari kompetensi pedagogik dan profesional : 
1) Kompetensi pedagogik tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya; 
2) Kompetensi profesional tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya. 

b. Guru yang menghasilkan karya pengembangan profesi atau karya inovatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran. 

Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba Kegiatan Olimpiade Guru Chemical Expo dilaksanakan secara berjenjang, dengan mekanisme sebagai berikut: 
1. Pada babak penyisihan dilakukan melalui tes tertulis. Materi soal mencakup kompetensi pedagogik dan profesional atau akademik; 
2. Setelah babak penyisihan selesai, maka dilanjutkan dengan babak final.Pada babak final, seleksi dilakukan melalui tes eksperimen dan wawancara. 

B. Silabus
Cakupan Materi (SMA/SMK) Kompetensi Cakupan Materi  
1. Penilaian Pedagogik 
a. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik. 
b. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependidikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih. 
c. Pelaksanaan pembelajaran : penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif. 
d. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum. 
e. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik. 

2. Profesional / Mata pelajaran Kimia 
a. Struktur atom konfigurasi elektron dan tabel periodik unsur 
b. Hukum dasar kimia dan stoikiometri 
c. Ikatan kimia dan geometri molekul 
d. Wujud zat: padat, cair dan gas 
e. Energitika: perubahan energi dalam reaksi, 
f. Larutan dan sifat-sifat koligatif larutan 
g. Kinetika dan kesetimbangan Kimia 
h. Kesetimbangan dalam larutan: asam-basa, hidrolisis dan pemanfaatannya 
i. Redoks dan elektrokimia 
j. Senyawa karbon : tata nama, sifat reaksi gugus fungsi, sumber dan kegunaan 
k. Makromolekul: klasifikasi polimer alam dan sintesis, reaksi dan kegunaan 

C. Tata Cara Pendaftaran Olimpiade Guru

Pendaftaran dibuka mulai 11 Januari 2016 - 17 Februari 2016 

Pendaftaran Online
1. Peserta mengisi form pendaftaran untuk olimpiade kimia guru pada link berikut : 


2 . Peserta mengirimkan foto beserta bukti pembayaran pendaftaran dengan format subjek email "Olimpiade Kimia Guru _ Nama Lengkap Peserta" ke 
email : himpunanmahasiswajurusankimia@gmail.com
3. Panitia akan memverifikasi berkas pendaftaran paling lambat 7 hari kerja dan panitia akan mengirimkan berkas bukti telah melakukan regitsrasi apabila telah melengkapi seluruh berkas sesuai persyaratan.
4. Peserta mencetak dan menyimpan berkas bukti telah registrasi dari panitia untuk melakukan registrasi ulang / penerimaan hadiah saat kegiatan berlangsung

Pendaftaran Offline
1. Peserta mengisi form pendaftaran yang terdapat dalam surat yang dikirim ke sekolah oleh panitia atau mengunduh form pendaftaran di website HMJ Kimia UNIMED pada link berikut : 

Form Pendaftaran Olimpiade Guru (PDF) 

2. Peserta datang langsung ke Posko pendaftaran di Posko Chemical EXPO 2016 Depan Gedung FMIPA UNIMED, Jln. Willeam Iskandar Pasar V Medan untuk melakukan pendaftaran.
3. Peserta menyimpan dan membawa bukti registrasi yang diberikan panitia disaat pendaftaran untuk melakukan registrasi ulang / penerimaan hadiah saat kegiatan berlangsung

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- / peserta
Pendaftaran via Online di transfer via rekening BNI 0310732646 atas nama "Ayu Miranda".
Pendaftaran via Offline bisa langsung ke Posko Chemical EXPO 2016 di depan Gedung FMIPA UNIMED.

Fasilitas peserta : Snack, Softdrink, Sertifikat 

D. Hadiah 
Juara I : Rp. 3.000.000,- , Piagam Penghargaan dan Trophy. 
Juara II : Rp. 2.000.000,- , Piagam Penghargaan dan Trophy. 
Juara III : Rp. 1.000.000,- , Piagam Penghargaan dan Trophy.

E. Jadwal Olimpiade Guru
Pendaftaran dibuka mulai : 11 Januari - 17 Februari 2016
Babak penyisihan : 20 Februari 2016
Babak final : 05 Maret 2016 
 

Post a Comment

2 Comments